-
Materi Bahasa Inggris Kelas 8
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Berikut ini admin bagikan Materi Bahasa Inggris Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 berdasarkan Buku Pegangan Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 yang telah diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Materi Bahasa Inggris Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 A.
- Materi Bahasa Inggris Kelas 8 Chapter 6
- Materi Bahasa Inggris Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi
Materi Bahasa Inggris Kelas 8 Chapter 6
Rincian Materi Bahasa Inggris Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Materi Bahasa Inggris Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 terbagi dalam 11 (sebelas) bab dengan rincian sebagai berikut. First Semester.
Mengapa dan Karena, biasanya menjadi topik pertama di kelas 8. Di dalam materi bahasa Inggris kelas 8 SMP juga akan berisi tentang tingkatan bahasa. Baik, lebih baik dan terbaik akan diajarkan perbedaan katanya. Bila cepat, lebih cepat dan tercepat ditulis fas, faster, dan fastest.
Chapter 1 Congratulations!. Chapter 2 Let’s live a healthy Life!. Chapter 3 Be healthy, be happy.
Chapter 4 This is how you do it!. Chapter 5 Everybody is always in the middle of something. Chapter 6 We have been to an orphan home, We went there last Sunday Second Semester. Chapter 7 Sangkuriang. Chapter 8 They are made in Indonesia. Chapter 9 What is it?. Chapter 10 Come and visit us!.
Chapter 11 You can always come back home. B. Pemetaan Kompetensi Dasar dan Pokok Materi Bahasa Inggris Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Tujuan dari pembelajaran Bahasa Inggris SMP/MTs pada Kurikulum 2013 berbentuk kompetensi, yang terdiri dari (1) Kompetensi Sikap Spiritual, tertuang dalam KI – 1; (2) Kompetensi Sikap Sosial, tertuang dalam KI – 2; (3) Kompetensi Pengetahuan, tertuang dalam KI – 3; dan (4) Kompetensi Keterampilan. Tertuang dalam KI – 4. Kompetensi Inti 1 (KI -1):. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya Kompetensi Inti 2 (KI – 2):. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
Materi Bahasa Inggris Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi
Kompetensi Inti 3 (KI – 3). Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. Kompetensi Inti 4 (KI – 4):. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori. Kompetensi Sikap Spiritual (KI – 1) dan Kompetensi Sikap Sosial (KI – 2) terintegrasi secara langsung dalam pembelajaran. Sedangkan pemetaan Kompetensi Dasar untuk Kompetensi Pengetahuan (KI – 3) dan Kompetensi Keterampilan (KI – 4) serta pokok Materi Bahasa Inggris Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 sebagai berikut.
First Semester. Chapter 1 Congratulation! 3.1 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyatakan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya. 4.1 Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan menyatakan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, dan menanggapinya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks. Alokasi Waktu: 4 x pertemuan (8 jp) Materi Pokok: Bab ini memuat materi pokok teks lisan dan tulis untuk menyatakan (a) harapan, (b) doa dan (c) ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, serta menanggapinya. Kemampuan ini dapat meningkatkan kecerdasan sosial peserta didik, terutama menunjukkan perhatian pada kerja keras dan prestasi. Chapter 2 Let’s live a healthy life!
Kompetensi Dasar: 3.2 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait maksud, tujuan, persetujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan to, in order to, so that dan ungkapan persetujuan.) 4.2 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait maksud, tujuan, persetujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks. Alokasi Waktu: 4 xpertemuan (8 jp) Materi Pokok: Bab ini memuat materi pokok teks lisan dan tulis untuk mengucapkan (a) maksud dan tujuan melakukan suatu tindakan dan (b) setuju dan tidak setuju, serta responsnya.
Kemampuan ini dapat meningkatkan kecerdasan sosial peserta didik, terutama menyadari bahwa setiap tindakan harus memiliki tujuan, dan ketika mengatakannya kepada orang lain mungkin akan ditanggapi dengan pernyataan setuju atau tidak setuju. Chapter 3 Be healthy, be happy! Kompetensi Dasar: 3.3 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk label, dengan meminta dan memberi informasi terkait obat/makanan/minuman, sesuai dengan konteks penggunaannya. 4.3 Menangkap makna secara kontekstual terkait dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk label pendek dan sederhana, terkait obat/makanan/minuman. Alokasi Waktu: 6 x pertemuan (12 jp) Materi Pokok: Bab ini memuat materi pokok label obat/makanan/minuman. Label obat/ makanan/minuman adalah teks yang tertera pada bungkus/kemasan produk yang memuat deskripsi rinci tentang produk maupun cara menggunakannya.
Kemampuan memahami label dapat meningkatkan kecerdasan peserta didik dalam menentukan produk yang akan dibeli atau digunakan, dan jika telah memilih, peserta didik mampu menggunakan produk tersebut secara tepat sehingga mendapatkan manfaat sebaik-baiknya dari produk serta dapat menghindari hal-hal yang tidak baik dan tidak aman ketika menggunakannya. Chapter 4 This is how you do it!
Kompetensi Dasar: 3.4 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks prosedur lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait resep makanan/ minuman dan manual pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya. 4.4 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks prosedur lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, dalam bentuk resep dan manual. Alokasi Waktu: 8 x pertemuan (16 jp) Materi Pokok: Bab ini memuat materi pokok teks prosedural berbentuk resep dan manual, pendek dan sederhana. Kemampuan memahami resep dan manual dalam bahasa Inggris memungkinkan peserta didik menunjukkan tanggung- jawabnya sebagai remaja terpelajar yang semakin dapat diandalkan keluarga dan masyarakat. Chapter 5 Everybody is always in the middle of something Kompetensi Dasar: 3.5 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/kejadian yang sedang dilakukan/ terjadi pada saat ini, waktu lampau, dan waktu yang akan datang, sesuai dengan konteks penggunaannya (perhatikan unsur kebahasaan present continuous, past continuous, will+continuous). 4.5 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/kejadian yang sedang dilakukan/terjadi pada saat ini, waktu lampau, dan waktu yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks. Alokasi Waktu: 6 x pertemuan (12 jp) Materi Pokok: Dalam bab ini peserta didik belajar menyatakan tentang tindakan/kegiatan/ kejadian yang sedang terjadi pada tiga waktu yang berbeda: saat ini pada saat diucapkan, pada waktu lampau dan pada waktu yang akan datang ketika dilaksanakannya atau terjadinya tindakan/kegiatan/kejadian lain.
Tata bahasa tersebut tidak akan dipelajari sebagai aturan atau teori, tetapi diterapkan dalam bentuk kalimat-kalimat yang bermakna dan relevan dengan kahidupan peserta didik. Pada akhir bab ini, ketiganya perlu dipaparkan secara bersamaan agar terlihat perbedaannya. Chapter 6 We have been to an orphan home. We went there last Sunday Kompetensi Dasar: 3.6 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/kejadian yang sudah/ telah dilakukan/terjadi di waktu lampau dikaitkan dengan keadaan sekarang, tanpa menyebutkan waktu terjadinya secara spesifik, sesuai dengan konteks penggunaannya (perhatikan unsur kebahasaan present perfect tense). 4.6 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan keadaan/tindakan/kegiatan/kejadian yang sudah/telah dilakukan/terjadi di waktu lampau dikaitkan dengan keadaan sekarang, tanpa menyebutkan waktu terjadinya secara spesifik, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks. Alokasi Waktu: 4 x pertemuan (8 jp) Materi Pokok: Dalam bab ini peserta didik belajar menyatakan tentang tindakan/kegiatan/ kejadian yang telah atau belum terjadi, tanpa dikaitkan dengan waktu terjadinya. Tujuan tersebut dicapai dengan menggunakan kata kerja dalam bentuk present perfect tense.
Tata bahasa tersebut tidak akan dipelajari sebagai aturan atau teori, tetapi diterapkan dalam bentuk kalimat-kalimat yang bermakna dan relevan dengan kebutuhan belajar peserta d Second Semester Chapter 7 Sangkuriang Kompetensi Dasar: 3.7 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait fairy tales, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya. 4.7 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks naratif, lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait fairy tales.
Alokasi Waktu: 8 x pertemuan (16 jp) Materi Pokok: Teks naratif, berbentuk cerita rakyat pendek dan sederhana. Dalam bab ini peserta didik belajar melakukan beberapa kegiatan yang secara wajar terkait dengan cerita rakyat sebagaimana terjadi dalam kehidupan sehari-harinya, antara lain menyimak atau mendengarkan orang bercerita, membaca sendiri untuk hiburan, membacakan kepada orang lain, membahas tentang isi dan pesan moralnya dengan teman-temannya, serta menulis ulang untuk mempublikasikannya di majalah dinding. Chapter 8 They are made in Indonesia Kompetensi Dasar: 3.8 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya sesuai dengan konteks penggunaannya. (perhatikan unsur kebahasaan passive voice). 4.8 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks (perhatikan unsur kebahasaan passive voice).
Alokasi Waktu: 6 x pertemuan (12 jp) Materi Pokok: Dalam bab ini siswa belajar menyatakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang terjadi atau mengenai suatu obyek, dengan tanpa perlu pelakunya disebutkan. Ramesh aravind kannada hit songs download. Tujuan tersebut dicapai dengan menggunakan kata kerja dalam bentuk kalimat pasif ( passive voice). Tata bahasa tersebut tidak akan dipelajari sebagai aturan atau teori, tetapi diterapkan dalam bentuk kalimat-kalimat yang bermakna dan relevan dengan kebutuhan belajar peserta didik. Chapter 9 What is it? Kompetensi Dasar: 3.9 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks information report lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait mata pelajaran lain di Kelas IX, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya. 4.9 Teks Information Report. 4.9.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks information report lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait topik yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas.
4.9.2 Menyusun teks information report lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait topik yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas IX, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks. Alokasi Waktu: 8 x pertemuan (16 jp) Materi Pokok: Bab ini memuat materi pokok teks ilmiah faktual ( information report), lisan dan tulis, tentang binatang, benda, dan gejala sosial.
Teks information report termasuk dalam jenis teks yang bertujuan memberikan informasi tentang fakta apa adanya secara objektif tentang suatu obyek, tanpa melibatkan pandangan subyektif penulis/pembicaranya. Objek biasanya dipaparkan dengan disebutkan jenisnya dan kemudian diuraikan deskripsi tentang karakteristiknya. Chapter 10 Come and visit us!
Kompetensi Dasar: 3.10 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk iklan dengan memberi dan meminta informasi terkait produk dan jasa, sesuai dengan konteks penggunaannya. 4.10 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk iklan, pendek dan sederhana, terkait produk dan jasa. Alokasi Waktu: 6 x pertemuan (12 jp) Materi Pokok: Bab ini memuat materi pokok berupa teks yang mempromosikan barang dan jasa dalam bentuk iklan pendek dan sederhana. Iklan pada umumnya berupa teks pendek yang diciptakan oleh tim kreatif. Tim akan memilih kata-kata serta cara merangkainya menjadi teks yang menarik minat masyarakat untuk membeli barang dan jasa yang ditawarkan. Chapter 11 You can always come back home Kompetensi Dasar: 3.11 Menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs. 4.11 Menangkap makna secara kontekstual terkait dengan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs.
Alokasi Waktu: 4 x pertemuan (8 jp) Materi Pokok: Bab ini memuat materi pokok lagu lama yang sangat terkenal, 93 million miles. Kemampuan ini dapat meningkatkan kecerdasan sosial peserta didik, terutama untuk menunjukkan betapa besar kasih sayang orang tua kepada anak-anaknya meskipun setelah mereka dewasa. Kesadaran ini akan meningkatkan hormat dan rasa terima kasih kita kepada orang tua Materi Bahasa Inggris Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 secara lengkap dapat Bapak/Ibu Guru unduh pada Buku Guru Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Mata Pelajaran Bahasa Inggris yang sudah admin konvert ke versi doc. Melalaui link berikut.
Baca juga artikel terkait berikut. Demikian ulasan Materi Bahasa Inggris Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Semoga bermanfaat untuk membantu Bapak/Ibu Guru dalam melaksanakan pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 9 SMP/Mts dengan Kurikulum 2013.
My brother, Rizal, and I made the garden benches when my father cut down the old manggo tree behind our house three weeks ago. We saw a big piece of wood. Then we had an idea. We told Dad we wanted to make garden benches. He agreed and he would help us. Then, he sawed the trunk into three pieces. 25 cm in diameter, and 25 cm in height.
After that Rizal and I rubbed them with sandpaper to make them smooth. After that we dried them in the sun for one week. When they were dry, we painted them, one green, one red, and one blue. Finally, we dried them in the sun again for three days. Once upon a time, there was a pack of wolf lived in the jungle.
Every night they went hunting and brought the prey to the pack. They ate together, they sang, and danced under the moonlight. They always stayed together and protected each other from the hunters. Among the wolves in the pack, there was one wolf which was so selfish and ignorant. He was the fastest among all and he always got bigger prey.
He always separated himself from the others because didn’t want to share his prey with the other wolves. The selfish wolf left the pack and his injured friend.The selfish wolf ran in the middle of the jungle. When the selfish wolf was looking for prey, he heard gun shots. “It must be the hunters” he said. He ran as fast as he could.
He didn’t realize that he stepped on a hunter’s trap. He was trapped and couldn’t get out. Then the hunters brought him and put him in a cage. Since then, the wolf lived in a cage. Every night he looked at the moon and howled. He tried to tell his friends where he was. Sadly, no one came to help him.